Breaking News

Ringkasan Pengertian Manajemen



Pengertian Manajemen

Kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno ménagement, yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Istilah manajemen juga berasal dari kata “management(Bahasa Inggris) yang berasal dari kata “to manage” yang artinya “Mengurus, mengatur, melaksanakan, dan mengelola”.

Dan sebagian berpendapat Manajemen berasal dari kata “manus” yang berarti “tangan”, berarti menangani sesuatu, mengatur, membuat sesuatu menjadi seperti yang diinginkan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada.

Menurut John M. Echols dan Hasan Shadily dalam kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary mengartikan kata Manage sebagai :
  bertindak dalam menjalankan dan mengendalikan bisnis act of running and controlling a business”.
  Orang yang mengelola bisnis “people who manage a business”.
  tindakan atau keterampilan berhadapan dengan orang atau keadaan dengan sukses “act or skill of dealing with people or situations successfully

Sedangkan menurut pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Manajemen adalah :
À      Proses penggunaan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran;
À    orang yg mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran;
À orang yg berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.

Selain itu, Ricky W.Griffin pernah menulis dalam bukunya yang berjudul “MANAGEMENT” ia menyatakan bahwa Manajemen adalah proses merencanakan dan mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, fisik dan informasi guna mencapai sasaran organisasi dengan efisien dan efektif.(Griffin, 1987).

Kemudian dalam Encylopedia Of The Social Sciences dikatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses dengan proses yang mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu di selenggarakan dan di awasi. Adapun dari segi Istilah para ahli telah banyak memberikan pengertian Manajemen, dengan pandangan yang berbeda-beda, berikut adalah pengertian Manajemen menurut beberapa para ahli :

Manajemen Menurut Pendapat Para Ahli :
1.   Harold Koontz : Manajemen adalah berhubungan dengan percapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

2.   Chaster I Bernard : “Manajemen adalah seni dan ilmu,”

3.   George R. Terry : “Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”.

4.   Davis (1951) : “Manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun.”

5.   Peter Drucker : “Dalam buku “The Principles of Management” yang ditulis oleh pencetus teori bisnis Amerika yang meraih penghargaan Presidential Medal of Freedom di tahun 2002 ini, manajemen adalah organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.”
6.   Marry Parker Follet : manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain.

7.   William H. Newman : “Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.”

8.   Drs. Oey : “Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.”

9.   Richard L.Daft (2002:8) : “Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.”

10.Lyndak F. Urwick : “Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commandin (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).”

11.Gordon (1976) dalam Bafadal (2004:39) : “Menyatakan bahwa manajemen merupakan metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.”

            Dari beberapa definisi pengertian manajemen menurut para ahli tersebut, Jika diperhatikan prinsip dasarnya ialah : ilmu untuk mencapai suatu tujuan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada agar lebih efektif dan efisien.

            Gambar : Table Pengertian Manjemen.

            Namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang dapat kita jadikan pegangan adalah : “Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”

Maka oleh sebab itu dapat disimpulkan, pengertian manajemen ialah:
À      Manajemen merupakan suatu kegiatan;
À      Manajemen menggunakan atau memanfaatkan pihak-pihak lain;
À      Kegiatan manajemen diarahkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
© Copyright 2022 - Karya Bangsa