Pengertian Manajemen
Kata manajemen berasal dari
bahasa perancis kuno “ménagement”, yang berarti “seni
melaksanakan dan mengatur”.
Istilah manajemen juga berasal dari kata “management” (Bahasa
Inggris) yang berasal dari kata “to manage” yang artinya “Mengurus, mengatur, melaksanakan, dan mengelola”.
Dan sebagian berpendapat Manajemen berasal dari kata “manus” yang berarti
“tangan”, berarti menangani sesuatu, mengatur, membuat sesuatu menjadi seperti
yang diinginkan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada.
Menurut John M. Echols dan Hasan Shadily dalam kamus Oxford Advanced Learner’s
Dictionary mengartikan kata Manage sebagai :
み bertindak
dalam menjalankan dan mengendalikan bisnis “act
of running and controlling a business”.
み Orang yang mengelola bisnis “people who manage a
business”.
み tindakan atau keterampilan berhadapan dengan
orang atau keadaan dengan sukses “act or skill of dealing with people or situations
successfully”
Sedangkan menurut pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Manajemen adalah :
À
Proses
penggunaan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran;
À orang yg mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara
berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran;
À orang yg berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana,
mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran
tertentu.
Selain itu, Ricky W.Griffin pernah menulis dalam bukunya yang berjudul
“MANAGEMENT” ia menyatakan bahwa Manajemen adalah proses merencanakan dan
mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya
manusia, keuangan, fisik dan informasi guna mencapai sasaran organisasi dengan
efisien dan efektif.(Griffin, 1987).
Kemudian dalam Encylopedia
Of The Social Sciences dikatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses
dengan proses yang mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu di
selenggarakan dan di awasi. Adapun dari
segi Istilah para ahli telah banyak memberikan pengertian Manajemen, dengan pandangan
yang berbeda-beda, berikut adalah pengertian Manajemen menurut beberapa para
ahli :
Manajemen Menurut Pendapat Para Ahli :
1.
Harold Koontz : Manajemen adalah berhubungan dengan
percapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.
2.
Chaster I Bernard : “Manajemen adalah seni dan ilmu,”
3.
George R. Terry : “Manajemen adalah suatu proses yang
membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pelaksanaan dan
pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”.
4.
Davis (1951) : “Manajemen adalah fungsi dari setiap
kepemimpinan eksecutif dimanapun.”
5.
Peter Drucker : “Dalam buku “The Principles of
Management” yang ditulis oleh pencetus teori bisnis Amerika yang meraih
penghargaan Presidential Medal of Freedom di tahun 2002 ini, manajemen adalah
organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola
manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.”
6.
Marry Parker Follet : manajemen adalah sebagai seni dalam
menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain.
7.
William H. Newman : “Manajemen adalah fungsi yang
berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.”
8.
Drs. Oey : “Manajemen adalah perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.”
9.
Richard L.Daft (2002:8) : “Manajemen adalah pencapaian
sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui
perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya
organisasi.”
10.Lyndak F.
Urwick : “Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing
(perencanaan Pengorganisiran), Commandin (memerintahklan), Coordinating
(pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).”
11.Gordon
(1976) dalam Bafadal (2004:39) : “Menyatakan bahwa manajemen merupakan metode
yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai
tujuan tertentu.”
Dari beberapa definisi pengertian
manajemen menurut para ahli tersebut, Jika diperhatikan prinsip dasarnya ialah
: ilmu untuk mencapai suatu tujuan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang
ada agar lebih efektif dan efisien.
Gambar : Table Pengertian Manjemen.
Namun demikian pengertian
manajemen itu sendiri secara umum yang dapat kita jadikan pegangan adalah :
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang
dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui
pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”
Maka oleh sebab itu dapat disimpulkan, pengertian manajemen ialah:
À Manajemen
merupakan suatu kegiatan;
À Manajemen
menggunakan atau memanfaatkan pihak-pihak lain;
À Kegiatan
manajemen diarahkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Social Header